KKM K13 SD Revisi 2019 dan 2018 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Inilah KKM K13 SD Revisi 2019 dan 2018 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 kami sediakan secara lengkap dalam bentuk Ms. Excel yang digunakan sebagai perlengkapan perangkat pembelajaran dan administrasi guru dalam menentukan nilai ketuntasan minimal yang harus dicapai oleh siswa.

KKM Kurikulum 2013 SD revisi 2019 dan 2018 untuk semua kelas ini sangat berperan penting dalam mengukur kemampuan peserta didik dalam mencapai kompetensi yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh masing-masing guru.

Nilai KKM K13 SD untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 revisi 2019 diambil dari 3 unsur penting dan penentuannya diambil oleh Guru kelas dan Guru mata pelajaran. Melalui musyarawah Nilai KKM tersebut diambil berdasarkan:

  • Intake atau rata-rata kemampuan siswa (Karakteristik peserta didik)
  • Kompleksitas atau tingkat kesulitan setiap indikator (Karakteristik mata pelajaran)
  • Daya dukung (Karaktetistik kondisi satuan pendidikan)

Fungsi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)

Jika dijabarkan secara rinci maka didapatlah fungsi dari kriteria ketutnasan minimal k13 SD ini, diantaranya yaitu:

  • KKM merupakan Acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti.
  • KKM sebagai Acuan bagi peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran.
  • KKM Merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat
  • KKM digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah
  • Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran.

Tahapan dalam Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal

Jelasnya, penyusunan KKM ini dilaksanakan oleh kelompok kerja Guru dan KKG mata pelajaran. Berikut ii tahapan pelaksanaannya:

  1. Guru atau kelompok guru menetapkan KKM mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake peserta didik. Hasil penetapan KKM indikator berlanjut pada KD, SK hingga KKM mata pelajaran.
  2. Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melakukan penilaian
  3. KKM yang ditetapkan disosialisaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu peserta didik, orang tua, dan dinas pendidikan
  4. KKM dicantumkan dalam laporan hasi belajar atau rapor pada saat hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik

Download KKM K13 SD Revisi 2019 dan 2018 untuk Semua Kelas pada Semester 1 dan 2

Setelah panjanglebar mengutarakan fungsi dancara penyusunannya, maka sekarang saatnya anda untuk menguduh semua format yang digunakan dalam pengelolaan nila kriteria ketuntasan minimal siswa.

Dengan adanya kumpulan Contoh format Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah kami sediakan pada artikel ini secara lengkap dapat memenuhi kebuhan para tenaga pengajar terkait administrasi Guru dan perangkat pembelajaran.

Selain itu satu kali lagi kami tegaskan, berhubung KKM ini dituangkan dalam bentuk file microsoft Office Excel maka penghitungan untuk setiap nilai Kriteria Ketuntasan Minimal dari berbagai unsur dapat dihitung secara otomatis menggunakan rumus-rumusnya.

Demikian informasi tentang Kriteria Ketuntasan Minimal K13 SD untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 revisi 2019 dan 2018 pada semester 1 dan 2. Namun sebelum menutupnya, kami akan berikan sedikit bocoran informasi mengenai akan diupdatenya beberapa perangkat pembelajaran lain seperti RPP, Silabus, Program Tahunan, Program Semester, Standar Kompetensi lulusan, pemetaan kompetensi dasar dan masih banyak lagi pendukung lainnya. jadi selalu cek di situs karina khatulistiwa.org ini. Sampai jumlah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More