Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2019

Berikut ini halaman perangkat pembelajaran kurikulum 2013 sebagai pengantar anda sebelum mengunduh file terkait administrasi Guru dan berkas lainnya. Tulisan ini dibuat sebagai ulasan tentang kurikulum 2013 revisi 2019 dilengkapi beberapa definisi dan pemahaman dari istilah-istilah yang sering digunakan pada implementasi K13.

[ Sekarang anda berada di halaman Unduhan ]

How do you get the file?

  1. Wait for the file scan to finish

  2. Press the save my file button at the bottom of this page



Kiranakhatulistiwa.org does not save the file that you are downloading right now. We only attach hotlinks from some trusted cloud storage such as Google Drive, Box and Dropbox

Perlu kita ketahui bahwa kini terdapat pembelajaran langsung dan pembelajaran tidak langsung, itulah dua hal yang dikembangkan pada Kurikulum 2013. Pada pelaksanaan proses pembelajaran kurikulum 2013 tidak langsung, siswa dituntut mengembangkan pengetahuannya, memiliki kemampuan berpikir serta keterampilan psikomotoril yang didapatkan dari interaksi secara langsung dengan sumber belajar seperti RPP dan Silabus berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran. Berkaitan dengan nilai dan sikap.

Sedangkan untuk proses pembelajaran langsung, siswa melakukan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menegoisasi / Menganalisa serta mengkomunikasikan apa yang telah ditemukan dalam kegiatan belajar. Disamping itu, dari proses kegiatan pembelajaran secara langsung dapat menghasilkan pengetahuan dan keterampilan yang dikenal dengan sebutan instructional effect.

Namun dalam hal ini, pembelajaran tidak langsung dan pembelajaran secara langsung berkaitan satu sama lain dalam arti lain terintegrasi dan tidak dipisahkan. Pembelajaran tidak langsung berhubungan dengan pembelajaran yang melibatkan Kompetensi Dasar (KD) yang dikembangkan dari Kompetensi Inti 1 (KI-1) dan Kompetensi Inti 2 (KI-2). Sedangkan untuk pembelajaran secara langsung melibatkan Kompetensi Dasar (KD) yang dikembangkan dari Kompetensi Inti 3 (KI-3) dan Kompetensi Inti 4 (KI-4).

Apa saja perangkat pembelajaran kurikulum 2013?

  1. Silabus

    Acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran, yang minimal memuat identitas sekolah, identitas mata pelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, pembelajaran, penilaian, aloaksi waktu, dan sumber belajar.

  2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

    Perencanaan pembelajaran yang mengacu kepada silabus, minimal memuat identitas RPP, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran (faktual, konseptual, prosedural, metakognitif), metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup), penilaian hasil belajar, dan lampiran pendukung RPP.

  3. Program Tahunan (Prota)

    Program Tahunan (Prota) merupakan rencana umum pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang berisi rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pembelajaran. Program tahunan perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran. Merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

    Langkah-langkah perancangan Program Tahunan:
    a. Menelaah jumlah tema dan subtema pada suatu kelas.
    b. Menghitung jumlah Minggu Belajar Efektif (MBE) dalam satu tahun.
    c. Mendistribusikan alokasi waktu Minggu Belajar Efektif (MBE) ke dalam subtema.

    Dalam menyusun Program Tahunan, komponen yang harus ada meliputi :
    • Identitas (kelas, muatan pelajaran, tahun pelajaran)
    • Format isian ( tema, sub tema, dan alokasi waktu).

  4. Program Semester (Prosem)

    Program semester (Prosem) merupakan penjabaran dari program tahunan. Langkahlangkah perancangan program semester, meliputi:
    a. Menelaah kalender pendidikan dan ciri khas satuan pendidikan berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
    b. Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu pembelajaran efektif, dan waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi: – Jeda tengah semester – Jeda antar semester – Libur akhir tahun pelajaran – Hari libur keagamaan – Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional – Hari libur khusus
    c. Menghitung jumlah Hari Belajar Efektif (HBE) dan Jam Belajar Efektif (JBE) setiap bulan dan semester dalam satu tahun.
    d. Mendistribusikan alokasi waktu yang disediakan untuk suatu subtema serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta analisis materi.

    Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Pada umumnya program semester ini berisikan: – Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, tahun pelajaran). – Format isian (tema, sub tema, pembelajaran ke alokasi waktu, dan bulan yang terinci per minggu, dan keterangan yang diisi pelaksanaan pembelajaran berlangsung).

    Secara sederhana teknik pengisian program semester, tidak berbeda dengan program tahunan. Beberapa komponen yang ada dalam program tahunan masih digunakan (yaitu tema dan subtema). Dari sisi format, terdapat beragam format program semester. Berikut disajikan contoh format program semester pembelajaran tematik terpadu kelas I yang dapat dijadikan sebagai salah satu sumber inspirasi

  5. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

    Proses penentuan KKM, satuan pendidikan mempertimbangkan kompleksitas muatan/mata pelajaran, karakteristik peserta didik, pendidik dan daya dukung satuan pendidikan. Satuan Pendidikan menetapkan KKM yang disusun oleh pendidik melalui rapat dewan guru. Berikut ini merupakan contoh penentuan KKM.

    a. Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap muatan pelajaran setiap kelas dalam satu tahun pelajaran.
    b. Tentukan komponen-komponen yang termasuk aspek kompleksitas, intake, pendidik dan daya dukung.
    c. Tentukan nilai untuk setiap aspek dengan skala 0-100. 4. Tentukan skor tiap aspek.


This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More